Koneksi internet menjadi hal yang sangat penting untuk saat ini. Penggunaan gadget dan smartphone untuk berbagai macam kebutuhan membuat masyarakat harus pintar-pintar mencari provider internet yang lancar dan stabil.

Tak ayal, berbagai brand kenamaan Indonesia pun berlomba-lomba memberikan pelayanan internet lancar dengan harga yang juga beragam. Axis adalah salah satu provider anakan dari XL yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Sayangnya, provider Axis memiliki kecepatan yang tidak terlalu bagus apalagi di lokasi-lokasi pedesaan dan pegunungan. Meskipun harga paket internet yang ditawarkan cukup terjangkau jika dibandingkan provider lain seperti Telkomsel dan Indosat, Axis masih kalah saing untuk urusan kecepatan koneksi internet dan kestabilannya.

Tak jarang, penggunanya sering kali kehilangan koneksi atau lost connection disela-sela menggunakan kartu ini. Tentu saja hal ini sangat mengganggu apalagi jika terjadi di saat pengguna sedang melakukan panggilan penting secara online.

Akan tetapi, sekarang pengguna jaringan Axis tidak perlu risau dan galau karena jaringan internet Axis yang tidak stabil dan lelet. Artikel ini akan membantu para Axisers atau pengguna Axis untuk menyiasati agar internet tidak muncul kemudian hilang sepanjang waktu.

Artikel ini berisi tentang tutorial mengganti APN Axis untuk mempercepat dan menstabilkan jaringan. Tutorial yang akan diberikan pun sangat simpel dan tidak memerlukan tambahan aplikasi.

APN Provider Axis

APN adalah singkatan dari Access Point Name atau satu pintu untuk jaringan internet GPRS, GPS, 3G, 4G bahkan 5G yang terhubung dengan perangkat gadget atau smartphone kamu. Baik IOS dan Android, keduanya memerlukan APN yang tepat agar kartu bisa mengakses internet.

APN Axis adalah serangkaian setelan berupa kode APN, Nomor Proxy, dan Port yang disetting sedemikian rupa agar koneksi GPRS, GPS, 3G, 4G bahkan 5G bisa digunakan di dalam gadget kita.

Biasanya, ketika seseorang memasukkan kartu sim ke dalam sebuah smartphone, sistem akan secara otomatis mendeteksi jenis kartu yang dipakai dan juga secara otomatis menyetel kode APN, Proxy dan Port. Akan tetapi, tidak jarang setelan otomatis oleh sistem tidak memberikan koneksi internet yang lancar dan stabil. Oleh karena itu, perlu kalanya pengguna harus menyetel ulang settingan APN seperti yang akan diajarkan seperti di dalam artikel ini.

Letak Setting Konfigurasi APN pada Handphone

Baik pengguna Android ataupun IOS, mereka bisa menemukan setelan konfigurasi APN Axis di menu setting masing-masing perangkat. Berikut adalah cara menemukan settingan APN di berbeda perangkat Android dan IOS.

Untuk Android

Mencari settingan APN bagi pengguna Android:

  1. Bukalah pengaturan atau Setting/Pengaturan
  2. Cari menu Koneksi/Connection atau Kartu Sim dan Data Seluler yang biasanya berada di pilihan paling awal
  3. Masuk ke nomor yang digunakan sebagai Data Cellular, dalam kasus ini Axis tentunya
  4. Pilih menu Nama Titik/Jalur Akses atau Access Point Name untuk para pengguna gadget dengan setelan bahasa inggris

Untuk IOS:

  1. Bukalah menu pengaturan atau setting
  2. Pilihlah menu Cellular Data Options
  3. Masuk ke pilihan Cellular Data Network
  4. Kemudian muncullah beberapa pilihan pengaturan untuk cellular data termasuk setelan APN atau Nama Titik Akses

Daftar APN Axis Tercepat dan Stabil untuk Internetan

Di dalam artikel ini, ada beberapa pilihan penggunaan APN Axis yang bisa meningkatkan kecepatan dan kestabilan internetmu. Pilihan APN memang berbeda-beda karena disesuaikan dengan kecocokan kode dan setelannya. Oleh karena itu, pengguna  Axis bisa mencobanya satu per satu APN mana yang paling cocok dan sesuai dengan Android atau IOS nya.

Ada lima pilihan kode APN yang patut kamu coba sebagai langkah meningkatkan kecepatan jaringan internet kartu Axis kamu.

Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah membuka menu setting APN untuk semua pengguna smartphone baik Android atau IOS. Lanjutkan ke menu Access Point Name atau Nama Titik Akses. Kemudian, lanjutkan dengan mengisi kode seperti yang di bawah ini dan cobalah satu per satu.

  1. Masukkan secara manual kode berikut ini

Nama/ Username : Bebas (tergantung selera pengguna)

APN : vasartbd5

Port : 80

2.Masukan secara manual kode berikut ini

Nama/ Username : Bebas (tergantung selera pengguna)

APN : mmstbs3

Proxy : 202.152.240.50

Port: 3128

3. Masukan secara manual kode berikut ini

Nama/ Username : Bebas (tergantung selera pengguna)

APN : axis.unlimited.co.id

Proxy : 49.213.16.1

Port : 3128

Jenis Autentifikasi : PAP atau CHAP

Protokol APN : IPv4 / IPv6

Protokol Roaming APN: IPv4 / IPv6

4. Masukan secara manual kode berikut ini

Nama/ Username: Bebas (tergantung selera pengguna)

APN: celcom3g

Proxy: 163.243.164.12

Port: 80

5. Masukan secara manual kode berikut ini

Nama/ Username: Bebas (tergantung selera pengguna)

APN: xlghsda

Jangan lupa untuk klik tombol save/simpan jika sudah selesai mengatur APN ya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kelima settingan APN Axis tidak selamanya cocok digunakan oleh satu pengguna ke pengguna lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mencoba setelan APN di atas satu per satu ketika menemukan koneksi hilang atau bahkan tidak bisa ditemukan sama sekali.

Hal tersebut berarti setelan tersebut tidak cocok digunakan oleh setelan APN Anda. Jadi, tidak perlu khawatir apakah smartphone kamu akan rusak atau eror karena penggantian kode APN tersebut.

Saat Anda selesai menyetel atau mengatur kode APN Axis yang baru, jangan lupa untuk mencentang setelan baru agar bisa langsung tersambung. Untuk beberapa kasus, pengguna lupa untuk melakukan centang atau ceklist pada setelan terbaru sehingga tidak berpengaruh apapun ke jaringannya.

Setelah pengguna Axis selesai mengisi kode APN terbaru seperti yang disebutkan di atas serta melakukan centang atau ceklis, cobalah untuk mengaktifkan data seluler dari smartphone atau gadget Anda. Kemudian, cara paling cepat adalah mengujinya dengan membuka dan menggunakan aplikasi Youtube atau Games Online.

Youtube dan Games online memang membutuhkan koneksi internet yang cukup cepat serta stabil. Agar pengguna gadget bisa menikmati hiburan dari video atau permainan tanpa terjeda atau melakukan buffer, jaringan internet menjadi kunci nomor satu agar bisa menggunakan aplikasi tersebut. Apabila Youtube tidak mengalami buffering dan tetap stabil menampilkan ukuran kualitas video sesuai keinginan kita, hal tersebut berarti setelan kode APN cocok digunakan.

Sebaliknya, jika pengguna mengalami buffer saat menggunakan Youtube dan Games online, maka sekiranya perlu untuk mencoba settingan APN lainnya di atas untuk mendapatkan kecepatan dan kestabilan jaringan yang diinginkan.

Meskipun provider Axis yang merupakan anakan dari XL memiliki kualitas kecepatan dan kestabilan yang belum bisa dibandingkan dengan Telkomsel atau Indosat, pengguna masih bisa menyiasatinya dengan mengubah setelan APN Axis. Tanpa ribet, tanpa install tambahan aplikasi, life hack ini patut untuk kamu bagikan dengan pengguna Axis lainnya.