Bagi beberapa pengguna provider Indosat, keluhan mengenai kualitas sinyal yang kurang baik sering kali terlontar. Hal ini mengakibatkan koneksi internet lambat sehingga sudah pasti membuat mobilitas Anda dalam melakukan browsing atau kegiatan sosmed menjadi terganggu.

Padahal sebenarnya, Indosat Ooredoo sudah mendukung koneksi 4G yang baik. Sayangnya, kekuatan sinyal yang dimiliki membuat kita seperti hanya memiliki ponsel 2G dan 3G. Namun kini, ada APN yang dapat membantu kita untuk mempercepat koneksi dan membuat sinyal lebih stabil.

Apa Itu APN Indosat Ooredoo

Access Point Name atau yang biasa disingkat APN merupakan teknologi yang terdapat di semua ponsel yang telah dapat menggunakan koneksi internet. Teknologi ini akan sangat berpengaruh dengan koneksi internet suatu perangkat handphone termasuk kestabilan sinyal yang didapatkan.

APN dapat diibaratkan sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan perangkat handphone dengan internet. Ketika Anda mendapatkan APN yang tidak mendukung, maka akan menyebabkan hilangnya data seluler sehingga Anda tidak bisa berinternet secara lancar sesuai harapan.

Jika Anda mendapatkan APN terbaik untuk dikonfigurasikan pada handphone, maka APN dari provider Indosat Anda dapat membuat koneksi internet menjadi lebih stabil. Selain itu, koneksi internet juga akan lebih cepat sehingga proses browsing bisa lebih mudah dilakukan.

Karena utilitasnya tersebut, APN memang akan sangat berpengaruh pada kestabilan koneksi internet Indosat Ooredoo. Apabila ada kendala, maka kegiatan upload dan download data tidak bisa dilakukan. Meskipun sebenarnya, Anda masih bisa memperbaikinya dengan reset sistem default.

Anda dapat melakukan pengaturan APN pada ponsel sendiri. Namun sayangnya, tidak banyak yang mengetahui di mana letak APN berada. Padahal, pengaturan APN ada pada menu Pengaturan di handphone masing-masing. Kalau masih belum tahu, yuk simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

Letak Konfigurasi APN pada Handphone

APN ada di Android maupun iOS, jadi Anda tidak perlu merasa khawatir. Yang penting, pastikan handphone Anda memang benar-benar cocok dengan koneksi internet karena mendukung teknologi seperti 4G. Berikut langkah-langkah mengetahui APN pada ponsel Android.

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  2. Pilih Jaringan Seluler atau Kartu SIM. Di beberapa handphone, menu yang satu ini ditulis dengan Koneksi Internet

  3. Pilih Access Point Name (dalam bahasa Indonesia disebut Nama Titik Akses atau APN)
  4. Tambah APN baru

Kalau masih merasa kesulitan, Anda bisa melakukan pencarian dengan mengetik APN atau Access Point pada tab Search yang terdapat di beberapa handphone Android terbaru. Di beberapa ponsel, pengaturan ini juga ditulis dengan APNs.

Sementara itu, cara-cara mengecek APN pada handphone iOS sedikit berbeda. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu Setting
  2. Pilih tab menu Cellular

  3. Klik Cellular Data Option
  4. Pilih Cellular Data Network

  5. Selanjutnya klik Buat atau Tambah APN baru

Setelah menemukan APN pada pengaturan ponsel, klik tombol (+) untuk menambahkan APN yang terbaru. Isilah dengan beberapa petunjuk pengaturan yang sesuai supaya setting-an koneksi internet pada APN tersebut dapat terkoneksi dengan baik.

Daftar APN Indosat Ooredoo Tercepat dan Stabil untuk Internetan

Gambar 1

Gambar di atas merupakan contoh laman APN yang ada di sebuah handphone Android. Tentunya tampilan menu pengaturan APN ini akan berbeda-beda pada tiap perangkat ponsel, namun secara garis besar pastikan Anda mengatur konfigurasi APN tersebut dengan petunjuk berikut, baik pada ponsel Android ataupun iOS.

  1. APN: wap.indosat-m2.net

Server: nakula.indosat.com

  1. APN: indosatunlimited/indosatgprs

Server: indosatm2.com

  1. APN: internet

Server: 8.8.8.8

  1. APN: indosatooredoo.com atau indosatm2

Username: Indosat

Password: indosatgprs

Server: 202.155.0.25

  1. APN: Vodafone

Server: wap.vodafone.com

Jenis autentikasi: Tak Satupun

Server: www.google.com

  1. APN: 363.net

Server: 8.8.4.4

  1. APN: mms.satelitindogprs.com

Username: satmms

Password: satmms

  1. APN: internet.globe.com.ph

Server: 8.8.8.8 atau google.com

Setelah mengisi daftar APN Indosat pada handphone seperti pada petunjuk di atas, Anda bisa langsung simpan dan lakukan checklist pada pengaturan tersebut. Pastikan setiap penulisan tepat dan tidak ada kesalahan sehingga tidak terjadi error atau malah konfigurasi APN yang gagal.

Untuk mengecek hasilnya, nyalakan data seluler terlebih dahulu. Kalau tidak muncul, maka gunakanlah APN yang lainnya. Apabila sudah muncul, Anda dapat segera mengakses suatu browser atau mendownload atau mengupload sesuatu. Dengan begitu terlihat apakah koneksi internet dari APN Indosat dapat berjalan dengan baik.

Anda bisa membandingkan kecepatan dari masing-masing APN di atas sehingga pada akhirnya dapat menemukan manakah APN yang paling tepat dan cepat. Dengan begitu, akan sangat membantu Anda dalam mengatasi koneksi internet yang lemah dan tidak stabil alias lemot.

Koneksi internet yang benar-benar lancar sangat dibutuhkan oleh pengguna smartphone terkini, baik iOS ataupun Android. Hal ini tidak lain karena kebutuhan sejumlah pekerjaan kantor yang membutuhkan kelancaran koneksi internet, hingga tuntutan kestabilan komunikasi jarak jauh terutama pada masa-masa pandemi seperti saat ini.

Koneksi yang buruk akan sangat mengganggu produktivitas dan efisiensi kerja Anda. Berbeda halnya ketika koneksi internet yang digunakan baik dan stabil, maka Anda sebagai pengguna juga akan merasa nyaman dan tidak perlu menunggu loading lama yang sangat menyebalkan tersebut.

Contohnya ketika hari sedang hujan ataupun setelah hujan reda, sinyal yang diberikan dari Indosat Ooredoo memang agak sulit. Namun dengan pengaturan APN yang tepat maka Anda dapat menstabilkan sinyal dari kartu Indosat tersebut untuk membuat pengalaman berinternet semakin baik.

Sebenarnya, kartu provider internet dari Indosat sangat baik dalam hal pelayanannya. Bahkan bonus yang diberikan juga sangat banyak dan beragam bagi para penggunanya. Harga paket yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau dengan kapasitas kuota yang sangat besar.

Sayangnya, provider Indosat memiliki kelemahan yang cukup fatal buat sebagian orang selain koneksi internet yang kurang stabil, yakni masa aktif perdananya. Ya, masa aktif kartu perdana Indosat Ooredoo sangat tergantung dengan kapan waktu Anda melakukan pembelian pulsa.

Misalnya, jika Anda membeli pulsa seharga 5 ribu maka masa aktif kartu tersebut hanya bertahan hingga satu minggu saja. Begitu pula dengan masa aktif pulsa 10 ribu yang hanya sampai 2 minggu, dan seterusnya. Hal ini tentu cukup merugikan bagi sebagian orang yang kekurangan budget pulsa.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan pengaturan APN untuk membuat koneksi stabil terutama dari provider internet Indosat Ooredoo. Semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan Anda. Selamat mencoba!