Saat ini, internet merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk aktivitas. Selain untuk bekerja dan belajar, ada banyak sekali hal yang harus tersambung ke internet agar bisa difungsikan dengan benar. Nah, ada banyak provider yang bisa dipilih sebagai operator Anda. Jika Anda lebih memilih menggunakan sambungan nirkabel, Anda harus menggunakan provider Wi-Fi. Indihome merupakan salah satu provider yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Layanan internet ini hadir berbasis fiber optic dan menawarkan beberapa pilihan paket dari kecepatan 10 mbps sampai 100 mbps.

Indihome adalah salah satu bagian dari Telkom Indonesia dan kini memiliki kebijakan baru. Paket data yang ditawarkan oleh Indihome mengalami beberapa perubahan. Kini, paket data unlimited tidak sepenuhnya unlimited, namun dibatasi dengan adanya FUP atau Fair Usage Policy. Sebenarnya, banyak provider yang menerapkan sistem ini untuk paket internetnya. Namun, Anda bisa tetap tenang karena kecepatan internet tidak akan terpengaruh banyak karena sistem FUP.

Mengenal Batas Kuota Internet Indihome

Kalau Anda menggunakan internet unlimited, Anda juga harus tahu batas pemakaian FUP yang berbeda-beda. Indihome membuat sistem yang membedakan FUP menjadi dua, yaitu FUP 1 dan FUP 2. Setelah mencapai batas FUP 1, kecepatan internet menjadi 75%. Sementara itu, setelah mencapai FUP 2, kecepatan internet akan diturunkan menjadi 40%. Hal yang perlu dicatat adalah ketentuan ini tidak berlaku pada paket 100 mbps, karena pada paket ini hanya dikenakan FUP 1 sebesar 50%.

  • FUP Indihome 10 Mbps

Pada paket yang paling murah ini, Anda bisa mendapatkan fitur internet dengan harga 200 ribuan. Untuk menambah paket, Anda harus membayar lebih banyak untuk biaya langganannya. Indihome memberi kuota 300GB untuk paket ini. FUP 1 berada pada pemakaian kuota 300GB dan setelah melebihi 400Gb, kecepatan internetnya menjadi 4 mbps.

  • FUP Indihome 20 Mbps

Paket ini mencapai FUP setelah pemakaian melebihi 500GB. Penurunan kecepatan internet diturunkan menjadi 15 mbps. Nah, selanjutnya, jika Anda mencapai penggunaan 800GB, kecepatan akan menurun ke 8 mbps.

Cara Cek FUP Indihome Lewat Komputer / Laptop

Mengecek FUP Indihome merupakan hal yang sangat penting untuk Anda yang menggunakan fitur internet nirkabel ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeceknya.

  • Pertama, masuk ke situs resmi Indihome yaitu Indihome.co.id.

  • Selanjutnya, Anda bisa login dengan klik tombol “Masuk”.
  • Masukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan di website tersebut.
  • Klik nama akun dan pilih “Status langganan”.
  • Di situ, akan muncul jumlah pemakaian internet selama satu bulan.

Cara ini bisa memberitahu Anda batas FUP penggunaan Indihome. Selain itu, jika Anda menggunakan fitur seperti Channel UseeTV dan telepon, Anda juga bisa mengeceknya dengan cara yang sama.

Cara Cek Fup Indihome Lewat Handphone

Jika Anda ingin mengecek FUP ponsel lewat ponsel, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Ini dia cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek FUP paket internet lewat ponsel:

  1. Download aplikasi myIndihome di Google Play Store atau App Store. Jika belum , Anda bisa mengunduhnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.indihome.external.

  1. Setelah terinstall, Anda tinggal login menggunakan akun yang sudah didaftarkan
  2. Klik menu “Status Langganan”
  3. Setelahnya, akan muncul jumlah pemakaian internet Anda.

Mudah sekali, bukan? Coba, yuk!