Bagi Anda yang senang berselancar dengan internet, tentu sudah cukup akrab dengan IndiHome. Ya, layanan internet yang dimiliki oleh PT. Telkom ini merupakan layanan yang sudah banyak dikenal dan menjadi salah satu provider internet terbesar di Indonesia. Provider yang dulunya bernama Speedy ini memberikan banyak fasilitas yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya.

Adapun perubahan nama layanan juga berdampak luas terhadap berbagai fasilitas yang dimilikinya. Salah satunya, yakni dengan adanya batas internet yang dapat digunakan oleh para pengguna jasa layanan internet tersebut. Batas penggunaan kuota internet ini kerap disebut sebagai Fair Usage Policy atau yang biasa disingkat FUP.

Pada layanan IndiHome, penggunaan internet dibatasi hanya sampai 300 GB. Jika terjadi kelebihan batas penggunaan internet, maka kecepatan internet akan diturunkan. Sebagai contoh jika Anda mengakses internet hingga 350 GB, maka kecepatan internet akan menurun menjadi 25%. Apabila aksesnya mencapai 400 GB, maka akan terjadi penurunan kecepatan internet hingga 40%, begitu pula seterusnya.

Dengan adanya pembatasan yang sedemikian rupa, maka sebagai pengguna Anda harus senantiasa memperhatikan kuota internet yang digunakan. Apabila tidak diperhatikan dengan baik, maka sebagai pengguna Anda juga-lah yang akan merugi karena kecepatan internet akan menjadi turun. Jika kecepatan internet turun, maka produktivitas Anda juga tidak akan berjalan maksimal.

3 Cara Paling Mudah Cek Kuota Indihome

Sebagai pengguna, mengecek kuota yang tersedia sangatlah penting. Tentunya supaya Anda tidak kelabakan saat mengetahui bahwa kecepatan internet tiba-tiba menurun. Oleh karenanya, mengetahui cara pengecekan kuota IndiHome adalah hal mendasar yang harus benar-benar dipahami.

Setidaknya ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengecek kuota internet dari IndiHome. Cara yang dimaksud adalah yang menggunakan situs resmi, aplikasi, hingga SMS. Semuanya dapat diakses secara mudah sehingga Anda tidak perlu repot datang ke kantor pusatnya secara langsung.

Lantas, cara seperti apakah yang dimaksud? Berikut kami sampaikan ulasannya khusus bagi Anda para pengguna provider internet dari IndiHome.

  • Situs resmi

Mengecek kuota IndiHome melalui situs resmi dapat dilakukan secara mudah dan nyaman. Anda bahkan juga bisa melakukan pengecekan melalui handphone sehingga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang terpenting, selalu pastikan Anda mengakses website resmi IndiHome di https://indihome.co.id.

Selain itu, Anda harus login untuk bisa mengecek kuota yang dimiliki. Oleh karenanya, Anda harus terdaftar dan memiliki akunnya terlebih dahulu. Jika belum memiliki akun, maka pengecekan kuota akan sulit untuk dilakukan secara maksimal.

Pendaftaran akun pada IndiHome ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu meng-klik tombol Daftar yang tersedia, kemudian isi data diri beserta email aktif yang Anda miliki. Pastikan Anda melakukan pengisian data akun ini secara tepat sehingga tidak terjadi kendala pada seterusnya.

Selanjutnya, Anda akan diminta mengisi kode captcha sebelum akhirnya resmi menjadi member pada IndiHome. Tidak jarang Anda juga akan diminta memverifikasi akun dan memilih paket kuota internet yang sudah tersedia di dalam akun tersebut.

Bagi Anda yang sudah menjadi member, langsung saja login dengan mengisi ID atau username akun IndiHome. Selanjutnya, pilih menu Bonus dan Penggunaan. Dari menu inilah Anda sebagai member dapat mengetahui kuota internet yang masih tersisa maupun yang sudah digunakan.

  • Aplikasi

Layanan yang ada pada provider IndiHome tidak hanya sebatas pada website saja, namun juga dapat diakses melalui aplikasi. Bahkan, aplikasi ini juga dapat dijalankan secara mudah dari mana saja dan kapan saja melalui handphone ataupun menggunakan emulator di laptop. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berbagai layanan yang tersedia secara lebih cepat dan ringkas dengan beberapa kali klik saja.

Memiliki aplikasi IndiHome di handphone juga tidak jauh berbeda dengan download dan instal aplikasi online lainnya. Pastikan Anda sudah download aplikasinya melalui Play Store sehingga dapat menggunakan layanannya. Jangan lupa log in setelah diinstal supaya Anda bisa langsung masuk ke dalam akun internet Anda dan menikmati layanan yang disediakan.

Layanan aplikasi yang dinamakan myIndiHome ini tidak hanya sekadar dapat digunakan untuk mengecek kuota internet alias kuota FUP yang masih tersisa. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan add-on, membayar tagihan uang, menukarkan poin, hingga mengaktifkan OTT. Selain itu, masih ada lagi layanan lain yang dapat Anda lakukan melalui aplikasi myIndiHome tersebut.

Untuk mengecek kuota FUP IndiHome yang tersisa, pastikan Anda sudah login pada aplikasi tersebut. Selanjutnya, pilihlah menu profil Anda sebagai pengguna. Di menu tersebut akan ada tampilan Paket yang wajib Anda klik untuk mengetahui jumlah atau sisa kuota FUP yang dimiliki.

Salah satu kelebihan aplikasi ini yakni dapat diakses melalui device atau perangkat apapun, baik ponsel maupun laptop. Bedanya, jika dalam ponsel dapat diakses secara langsung melalui aplikasi yang sudah ter-download, maka Anda yang ingin mengecek kuota melalui aplikasi di PC mau tidak mau harus menggunakan emulator.

  • Memakai SMS

Ada lagi cara yang cukup mudah dan praktis yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kuota FUP internet IndiHome yang sudah digunakan maupun yang masih tersisa. Cara yang dimaksud adalah dengan menggunakan SMS. Tentunya, cara ini bisa digunakan apabila Anda tidak memiliki kuota internet yang cukup untuk melakukan pengecekan menggunakan aplikasi atau website.

Kelebihan lain yang dapat diperoleh dari penggunaan cara ini adalah format yang cukup mudah diketik sehingga tidak perlu repot melakukan pengetikan kode secara panjang. Sayangnya, cara SMS ini harus menggunakan pulsa tarif SMS sebesar Rp350,- Tentunya berbeda dengan kedua cara lain yang dapat diakses secara gratis.

Adapun kode dial yang harus Anda ketik adalah ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor telepon IndiHome Anda. Selanjutnya, kirimkan saja SMS tersebut ke nomor 98108. Setelah beberapa saat, Anda akan mengetahui sisa kuota FUP beserta berapa banyak kuota yang sudah digunakan sebelumnya.

Melakukan pengecekan kuota secara berkala akan sangat membantu Anda dalam mengetahui penggunaan kuota internet. Selain itu, Anda juga bisa mengontrol berapa banyak kuota yang tersisa dan menjalankan layanan lain dari provider yang Anda gunakan tersebut. Dengan demikian, limit atau batas penggunaan internet tidak melebihi kuota yang disediakan.

Pengontrolan kuota tentunya juga sangat berdampak pada kecepatan internet. Apalagi sistem IndiHome akan menurunkan kecepatan internet jika penggunaan data sudah melebihi batas kuota. Oleh karenanya, Anda sebagai pengguna juga akan lebih bijak dan dapat memakai kuota yang tersedia secara lebih baik demi berbagai kebutuhan.

Demikian beberapa hal penting mengenai pengecekan kuota internet alias kuota FUP IndiHome secara mudah dan cepat. Semoga dapat membantu Anda dan menjadikan proses akses kuota dapat berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!