WhatsApp, aplikasi keluaran dari Facebook ini sudah menjadi aplikasi yang wajib ada di smartphone orang Indonesia. Di Indonesia, WhatsApp sangatlah populer. Selain bisa dijadikan sebagai alat bantu komunikasi, WhatsApp juga kini mempunyai banyak fitur yang berguna selain untuk urusan chatting. Sekarang WhatsApp sudah bisa dijadikan sebagai alat kirim dokumen, kirim lokasi dan bahkan rumornya, sebentar lagi WhatsApp tengah mengembangkan sistem pembayaran melalui WhatsApp.

Selain digunakan sebagai alat komunikasi antar personal, WhatsApp juga sering digunakan untuk komunikasi dalam grup. Di zaman sekarang, hampir setiap keluarga pasti mempunyai grup WhatsApp. Bukan hanya pada keluarga saja, grup WhatsApp yang cukup populer di buat di Indonesia sendiri adalah grup kelas, grup tongkrongan, grup main game, maupun grup alumni. Meskipun grup WhatsApp ini pada dasarnya sangat berguna karena di dalamnya member dapat saling memberi info atau kabar tanpa memberitahu satu-persatu personal membernya, tapi, banyak juga yang merasa bahwa grup ini cukup mengganggu. Terutama, notifikasi-notifikasi dari grup WhatsApp yang kurang penting selalu muncul dan kadang malah mengganggu notifikasi utama yang lebih penting. Oleh karena itulah, banyak pengguna WhatsApp yang mencari-cari cara untuk keluar dari grup WhatsApp.

Lhoh kenapa harus dicari? Bukannya untuk keluar grup tinggal tekan leave grup saja? Masalahnya adalah banyak juga orang yang merasa tidak enak ketika keluar dari grup. Ini dikarenakan saat keluar dari grup, WhatsApp secara otomatis akan memberikan notifikasi pada grup tersebut bahwa member tersebut keluar. Makanya, orang akan berpikir dua kali untuk keluar dari grup. Bahkan ada yang memilih untuk berkorban untuk tetap dalam grup karena rasa tidak enak hati jika keluar dari grup. Nah, rasa tidak enak inilah alasan artikel kali ini dibuat. Pada artikel kali ini, akan dibahas cara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui oleh member atau anggota grup yang lain.

Cara Keluar dari Grup WhatsApp tanpa Diketahui Member Lain

Cara keluar dari grup WhatsApp yang diinginkan adalah dengan trik ganti nomor WhatsApp yang baru. Tenang saja, nomor WhatsApp lama masih bisa digunakan. Nomor WhatsApp baru ini hanya sebagai nomor pindah sementara untuk keluar dari grup. Skemanya adalah sebagai berikut: Nomor WhatsApp yang lama > Ganti dengan nomor yang baru > Grup akan dinotifikasi bahwa Anda akan mengganti nomor > Clear Cache > Masuk lagi dengan nomor WhatsApp lama

Nah, untuk panduan yang lebih jelas, yuk ikuti tutorial yang akan dijelaskan berikut ini:

  1. Pertama, buka menu setting pada aplikasi WhatsApp (titik tiga pada bagian kanan pojok atas). Pilih Backup Chat terlebih dulu untuk nanti di-restore, karena nanti pada akhirnya Anda akan login menggunakan nomor WhatsApp yang lama kembali.
  2. Sediakan nomor baru yang akan dijadikan sebagai tumbal untuk nomor WhatsApp Anda yang sementara.
  3. Klik menu setting WhatsApp (di titik tiga seperti yang sudah dijelaskan di nomor 1)
  4. Pilih opsi settings/pengaturan
  5. Pilih bilah Akun, lalu pilih bilah Ganti Nomor
  6. Dibawah bagian tengah silahkan klik lanjut
  7. Masukkan nomor WhatsApp lama yang sebelumnya digunakan
  8. Lalu, masukkan nomor WhatsApp baru yang akan dijadikan tumbal sementara. Pastikan nomor tersebut masih aktif ya.
  9. Tunggu hingga proses pergantian nomor ini berhasil. Jika sudah berhasil, maka WhatsApp akan secara otomatis mengeluarkan notifikasi untuk semua grup yang telah diikuti nomor lama bahwa Anda telah melakukan pergantian nomor.
  10. Setelah selesai, clear cache. Cara clear cache adalah sebagai berikut:
  • Masuk Setting Ponsel
  • Pilih Aplikasi/Manajemen Aplikasi
  • Pada daftar Aplikasi cari dan pilih WhatsApp
  • Pada bagian penyimpanan klik Clear Data and Clear Cache (Hapus data dan hapus memori)
  1. Buka Aplikasi WhatsApp Anda, masuk kembali menggunakan nomor WhatsApp Anda yang lama
  2. Nanti saat proses login atau masuk kembali, akan ada pilihan restore. Pilih Yes untuk memulihkan history percakapan Anda.

Nah, itu di acara keluar dari grup WhatsApp tanpa diketahui oleh member atau anggota grup yang lain. Jika cara ini terlalu rumit atau mungkin Anda masih mau berada dalam grup tersebut tapi tidak mau terganggu dengan notifikasi dari grup tersebut, Anda bisa mengaktifkan fitur Mute dari WhatsApp.

Caranya seperti ini:

  1. Masuk WhatsApp
  2. Tahan lama grup yang Anda inginkan untuk di-mute
  3. Pada kanan bagian atas akan muncul opsi mute. Klik saja
  4. Pilih jangka waktu “mute” yang Anda inginkan, terdapat beberapa pilihan jangka waktu, paling lama 1 tahun.
  5. Klik Yes/OK.

Yap, itulah cara melakukan mute notification pada grup yang memang cukup spam dan mengganggu notifikasinya. Setelah ter-mute, Anda masih akan tetap berada dalam grup, hanya saja Anda akan mengabaikan notifikasi dari grup tersebut. Cara ini mungkin lebih mudah, tapi Anda akan tetap menerima percakapan yang terjadi dalam grup WhatsApp tersebut.

Nah, itulah dua cara yang mungkin bisa menjadi opsi Anda yang masih terganggu dengan notifikasi dari grup yang terlalu spam dan menyebalkan. Kedua cara diatas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda masih belum puas dengan du acara diatas, Anda bisa langsung log out dari WhatsApp saja, atau langsung keluar dari grup saja tanpa memberitahu member terlebih dahulu. Namun, cara ini tidak direkomendasikan karena nanti pasti akan timbul prasangka buruk dari para member grup yang lain. Alangkah baiknya, jika Anda ingin keluar dari grup, bicara secara jujur saja pada grup alasan Anda ingin keluar dan keluar dari grup dengan baik-baik untuk menghindari prasangka buruk dan percekcokan antar anggota grup.

Itu saja ulasan artikel kali ini. Pada dasarnya, setiap individu memiliki hak untuk keluar dari grup jika memang dirasa grup tersebut kurang berfaedah, apalagi mengganggu. Jika Anda termasuk orang yang tidak enakkan, bisa memilih dua cara yang dijabarkan diatas untuk menghindari grup yang mengganggu. Jika Anda memang orangnya cuek, bisa mencoba solusi di akhir yang direkomendasikan oleh artikel ini.