Foto merupakan salah satu produk dari kegiatan dokumentasi yang dilakukan oleh seseorang. Semakin bagus kualitas dari sebuah foto maka semakin besar juga ukuran dari foto tersebut. Saat ini kebanyakan perangkat yang digunakan manusia untuk mengambil gambar kualitasnya sudah sangat bagus. Maka dari itu ukuran dari file gambar yang dihasilkan dari proses dokumentasi juga sangat besar. Biasanya dalam suatu kepentingan diperlukan sebuah foto dengan batasan maksimal untuk ukuran file. Contohnya saja jika seorang mahasiswa baru harus melengkapi berkas untuk daftar ulang biasanya website dari kampus akan mencantumkan ukuran maksimal dari file foto yang harus dikumpulkan.

Cara Kompres Foto Tanpa Aplikasi

Menggunakan Website Toolur

Toolur merupakan salah satu website yang digunakan banyak orang untuk bisa mengompres gambar menjadi lebih kecil. Penggunaan Toolur sendiri sudah cukup populer di kalangan masyarakat.

Langkah-langkah untuk melakukan kompres gambar di Toolur adalah :

  • Upload Foto

  1. Buka situs https://compressimage.toolur.com.
  2. Klik upload images
  3. Masukkan gambar yang ingin di compress
  4. Lalu klik Compress Images.
  • Setting Image Quality

Biasanya ukuran maksimal foto untuk kepentingan formal adalah sebesar 150 KB hingga 1 MB. Pengaturan yang biasanya digunakan adalah 50% image quality. Dari file foto yang berukuran 1MB kamu bisa mendapatkan foto hasil kompres sebesar 150KB – 200KB.

  • Tunggu Proses Kompres Selesai dan Unduh File Hasil Kompres

Setelah pengaturan selesai, tunggulah proses kompres foto. Proses ini tidak akan lama dan selanjutnya kamu bisa langsung mengunduh foto hasil proses kompres. Inilah proses akhir dari kegiatan kompres foto tanpa aplikasi khusus.

Menggunakan Website Iloveimg

  • Upload Foto

Pertama yaitu silahkan buka website https://iloveimg.com. Pilihlah file foto atau file gambar lainya yang akan kamu kompres di website iloveimg. Setelah memilih file foto atau file gambar yang kamu inginkan selanjutnya kamu tinggal melakukan drag and drop dari komputer menuju kolom upload di website iloveimg.

  • Kualitas Gambar

Iloveimg sudah otomatis membantu Anda untuk mengatur kualitas gambar yang sudah sesuai standard dan terbaik.

Itulah beberapa langkah untuk kompres foto tanpa aplikasi khusus. Selanjutnya mari kita pahami mengenai bagaimana cara melakukan kompres foto menggunakan aplikasi.

Kompres Foto Menggunakan Aplikasi

  • Masuk Ke Aplikasi Microsoft Paint

Microsoft Paint merupakan salah satu aplikasi bawaan dari komputer. Maka dari itu jika kamu punya komputer pasti di dalamnya ada aplikasi Microsoft Paint. Jadi kamu tidak perlu mencari-cari lagi aplikasi lain untuk kompres foto.

  • Pilihlah Menu Open dan Pilih Gambar Untuk Dikompres

Dengan menu open kamu bisa mencari file gambar yang akan kamu kompres menggunakan Microsoft Paint.

  • Pilih Menu Resize dan Kecilkan Ukuran Foto Sesuai Kebutuhan

Kamu bisa memperkecil resolusi dari foto baik secara vertikal maupun horizontal. Dengan begitu ukuran foto akan mengecil.

  • Save As

Setelah proses resize selesai kamu bisa menekan tombol Save As supaya file hasil kompres foto bisa tersimpan tanpa menghilangkan foto yang lama.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk kompres foto tanpa aplikasi atau dengan aplikasi khusus untuk kompres foto. Tentunya cara-cara di atas mudah dilakukan oleh banyak orang.