Sobat, Anda pasti tak asing dengan aplikasi chatting yang bernama WhatsApp, kan? Bahkan, Anda mungkin telah memiliki akun WhatsApp yang terpasang pada ponsel canggih Anda. Aplikasi chatting ini adalah aplikasi paling populer dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia, lho. Tak mengherankan bila hampir semua orang memiliki akun dari aplikasi ini.

Berdasarkan data, tercatat bahwa aplikasi chatting ini telah digunakan hingga ratusan juta di dunia. Tak terkecuali di Indonesia, setiap orang yang memiliki smartphone dari yang murah hingga mahal sekalipun pasti terpasang aplikasi WhatsApp. Aplikasi chatting ini memang sangat mudah diakses melalui ponsel yang kita miliki sehingga kemana pun kita pergi pasti dapat mengaksesnya dengan gampang.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya aplikasi chatting ini tidak hanya dapat diakses pada ponsel yang Anda miliki, namun juga bisa diakses melalui komputer ataupun laptop. Untuk mengakses WhatsApp via laptop atau komputer, Anda tentunya harus scan barcode yang ada pada aplikasi WhatsApp ponsel Anda.

Banyak pengguna WhatsApp yang tidak menyadari bahwa kode QR pada aplikasi WhatsApp ponsel mereka ini digunakan untuk membuka WhatsApp di laptop. Melalui proses scanning kode itulah nantinya WhatsApp ponsel Anda akan terbuka pada laptop Anda.

Namun, Anda tidak akan dapat mengakses WhatsApp Web alias WhatsApp pada laptop bila Anda tidak memiliki perangkat ponsel yang terhubung dengan akun WhatsApp Anda. Makanya, kita diharuskan menyiapkan perangkat ponsel serta laptop atau komputer sekaligus untuk membuka WhatsApp Web.

Berhubung Anda harus memakai kode QR saat hendak login pada WhatsApp Web, makanya Anda hanya dapat login ketika sedang menggunakan ponsel yang terinstal aplikasi WhatsApp itu. Apabila Anda tidak membawa ponsel yang ada akun WhatsAppnya, tentu Anda tidak dapat mengakses WhatsApp Web pada laptop maupun komputer.

Anda tentunya sangat merasa kesulitan bila ingin mengakses WhatsApp Web namun tidak membawa ponsel yang terhubung pada WhatsApp ponsel Anda, kan? Maka dari itu, kini semakin banyak pengguna WhatsApp yang melakukan pencarian mengenai cara untuk mengakses WhatsApp Web tanpa melalui kode QR pada WhatsApp ponsel mereka.

Lantas, apakah hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah? Tentunya bisa, dong. Ada jalan pintas yang bisa Anda lakukan untuk mengakses WhatsApp Web tanpa kode QR meskipun cukup rumit. Bagaimana cara mengaksesnya?

Cara Login WhatsApp Web Tanpa Scan Barcode Versi 1

Di bawah ini merupakan tata cara yang dapat Anda lakukan untuk mengakses WhatsApp Web tanpa memakai kode QR.

  1. Siapkan perangkat laptop maupun komputer kemudian buka browser pada perangkat tersebut. Bila Anda memiliki Chrome, maka segera buka browser tersebut. Apabila Anda tidak memilikinya namun terdapat Firefox, Opera, Safari, atau lainnya, maka bukalah browser yang Anda miliki dan biasanya dipakai untuk mengakses internet.
  2. Kemudian kunjungi laman WhatsApp Web dengan cara mengetik web.whatsapp.com atau mencarinya pada browser tersebut.
  3. Bila tampilan WhatsApp Web telah terbuka, maka Anda harus memastikan bahwa harus menyentang bagian kotak “keep me signed in” atau “tetap masuk” pada laman tersebut. Hal ini sebaiknya Anda lakukan sebelum melakukan scan kode QR untuk pertama kalinya.
  4. Aktifkan ponsel Anda lalu buka aplikasi WhatsApp dan pindai kode QR pada layar komputer menggunakan menu WhatsApp Web pada WhatsApp ponsel Anda.
  5. Apabila proses pemindaian berhasil, maka tampilan pada komputer Anda akan berubah menjadi tampilan WhatsApp versi Web. Tampilan tersebut persis dengan tampilan chatting pada WhatsApp ponsel Anda.

Cara Login WhatsApp Web Tanpa Scan Barcode Versi 2

Setelah mengetahui cara pertama, selanjutnya Anda akan mengetahui cara login WhatsApp Web tanpa scan barcode versi kedua. Berikut cara yang perlu Anda ikuti untuk berhasil login tanpa kode QR.

  1. Ketika ponsel canggih Anda ketinggalan dan ternyata Anda harus membuka WhatsApp Anda karena keperluan yang mendesak melalui laptop atau komputer yang belum pernah digunakan untuk membuka WhatsApp Web, maka Anda tak perlu bingung. Anda cukup meminjam ponsel teman Anda untuk membuka akun WhatsApp Anda pada laptop tersebut.
  2. Kemudian mintalah orang-orang yang berada di rumah untuk mengaktifkan ponsel Anda.
  3. Lalu foto barcode pada halaman WhatsApp Web menggunakan ponsel teman Anda dan kirim foto tersebut kepada orang yang ada di rumah Anda.
  4. Barcode yang Anda kirimkan ke orang rumah harus discan oleh orang rumah menggunakan akun WhatsApp ponsel Anda.
  5. Anda harus segera memproses ini dengan cepat karena kode QR dapat berubah dalam kurun waktu tertentu sehingga Anda tak perlu mengirim ulang barcode kepada orang rumah.
  6. Apabila berhasil, akun WhatsApp Anda dapat diakses pada WhatsApp Web laptop maupun komputer Anda.

Demikian cara yang dapat Anda lakukan untuk mengakses WhatsApp Web apabila Anda tidak membawa ponsel canggih alias ketinggalan. Meskipun terlihat rumit dan bahkan merepotkan orang di rumah, namun proses tersebut bisa mengatasi permasalahan Anda yang harus segera membuka akun WhatsApp Anda.

Cara Login WhatsApp Web Tanpa Scan Barcode Versi 3

Selain kedua cara yang sudah dijabarkan di atas, masih ada satu cara yang dapat Anda terapkan untuk membuka akun WhatsApp Web Anda tanpa scan kode QR Anda. Cara tersebut dapat Anda lakukan memakai bantuan emulator. Bantuan tersebut dapat Anda gunakan untuk masuk ke akun WhatsApp Web Anda.

Penggunaan emulator ini tidak memerlukan kode QR sehingga Anda tidak perlu scan barcode WhatsApp Anda. Anda cukup melakukan verifikasi akun Anda melalui SMS ke nomor yang Anda gunakan pada akun WhatsApp ponsel Anda. Nah, berikut langkah-langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengakses WhatsApp Web melalui bantuan emulator.

  1. Anda harus memilih jenis emulator yang Anda senangi misalnya Memu, Bluestack, atau Koplayer.
  2. Disarankan untuk memilih emulator Koplayer atau Bluestack karena memiliki ukuran yang lebih ringan. Bahkan, laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi ringan dengan RAM 512 MB juga dapat digunakan untuk menginstal Koplayer maupun Bluestack. Namun sebaiknya RAM minimal 2 GB sehingga lebih stabil dan lancar.
  3. Apabila aplikasi tersebut telah selesai diinstal, Anda harus membuka WhatsApp ponsel Anda untuk melakukan verifikasi kode SMS.
  4. Cara tersebut harus dilakukan dengan cepat dan memerlukan bantuan beberapa orang.
  5. Dan akhirnya Anda dapat mengakses WhatsApp Web Anda tanpa menggunakan kode QR.

Nah, itulah cara untuk membuka WhatsApp Web menggunakan Koplayer. Ternyata caranya sangat mudah dan sederhana, kan? Namun sebaiknya Anda harus menginstalnya pada laptop dengan RAM 2 GB.

Demikian informasi mengenai beberapa cara untuk masuk ke WhatsApp Web tanpa menggunakan kode QR. Dari ketiga cara di atas, pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah untuk Anda lakukan, ya!