WhatsApp menjadi salah satu jenis aplikasi yang sangat populer. Pengguna WhatsApp sudah sangat banyak dan makin bertambah hingga sekarang ini. Hal tersebut wajar saja mengingat kalau WhatsApp ini sudah memiliki ragam macam fungsi yang terbarukan. Bagi pengguna aplikasi sosial media tentunya tahu kalau WhatsApp sudah menjadi aplikasi untuk chat dengan ragam fungsi. Sehingga kepopuleran WhatsApp yang makin hari begitu tinggi. Jumlah pengguna WhatsApp ini bahkan mencapai angka 1 miliar lebih. Selain itu, WhatsApp juga diakses oleh berbagai masyarakat dari segala penjuru dunia. Kegunaan utama dari WhatsApp ialah untuk chatting. Tetapi selain itu, WhatsApp bisa juga untuk melakukan panggilan suara, bahkan bisa juga WhatsApp untuk panggilan video.

Selain itu, WhatsApp juga aplikasi sosmed/ sosial media dengan memiliki fitur untuk memblokir kontak. Hal ini dilakukan pengguna WhatsApp jika dirasa kontak tersebut kurang nyaman ada pada aplikasi WhatsApp-nya. Sehingga kita tidak bisa melakukan chatting dan orang tersebut tidak bisa chatting juga satu sama lain. Bagaimana tapi jadinya kalau kita sendiri diblokir orang lain, baik itu teman sendiri, gebetan atau pacar? Terutama jika hal seperti ini terjadi setelah melakukan kesalahan tertentu dan kita sendiri ingin minta maaf ke orang terkait. Tentu Anda bisa sulit melakukannya karena kontak Anda sudah terblokir. Tetapi untuk masalah tersebut, Anda jangan khawatir, lewat bahasan di bawah ini maka akan ada cara untuk bisa membuka blokir kontak WhatsApp.

Cara Mengecek WhatsApp Yang Diblokir Seperti Apa

Ada salah satu hal penting yang perlu kita ketahui yaitu adalah apakah memang kontak WhatsApp Anda sudah diblokir atau memang belum. Maka cara untuk bisa memastikan hal tersebut yaitu sebagai berikut ini:

  • Pertama-tama Anda bisa membuka WhatsApp target Anda dan lalu lihat apakah status kontak tersebut kosong atau ada. Kalau kosong maka berarti Anda memang sudah diblokir oleh kontak WhatsApp tersebut.
  • Lalu foto profil serta background juga kosong, maka hal ini makin jelas kalau kontak WhatsApp Anda sudah diblokir. Jadi jika dibuka akan ada gambar siluet berwarna putih serta latar abu-abu, maka kemungkinan besar diblokir.
  • Lalu dari lamanya ‘terakhir dilihat’/ ‘last seen’ bisa terlihat jauh, bahkan dapat sampai berminggu-minggu/ berbulan-bulan. Sementara pada kenyataannya orang tersebut bisa saja OFF tidak sampai setengah hari.
  • Chat Anda juga tak pernah terkirim jadi hanya centang satu yang tentu bisa kita cek sendiri.
  • Panggilan video atau panggilan telepon juga tak pernah terjawab menandakan kontak WhatsApp terblokir.

Jika dari berbagai masalah seperti yang sudah dibahas di atas memang Anda alami, hal itu tandanya memang kontak Anda diblokir oleh target Anda/ orang lain. Sehingga Anda tidak bisa menghubungi orang tersebut. Sebenarnya hampir tak ada yang dapat dilakukan jika memang WhatsApp Anda kena blokir.

Cara Membuka Blokir WhatsApp dari Teman Dengan Cepat dan Mudah

Bagi Anda yang memang ingin tahu solusi dan bisa membuka WhatsApp yang terblokir oleh orang lain, ada caranya yang bisa Anda lakukan.

  1. Membuat Cadangan (Backup) Data Terlebih Dulu

Untuk sebagai antisipasi supaya terjadi sesuatu tertentu yang tidak kita inginkan pada WhatsApp kita, maka ada hal yang penting harus dilakukan yaitu melakukan backup. Jadi kita harus mencadangkan tiap data-data yang sudah dimiliki. Contoh dari data tersebut ialah seperti media, percakapan WhatsApp dan lainnya agar nantinya tidak hilang. Maka berikut ini cara mudah melakukan hal tersebut.

  • Cari dan klik ikon titik tiga pada bagian pojok atas kanan
  • Lalu buka opsi settings atau setelan
  • Pilih opsi chats
  • Pilih opsi chat backup/ cadangkan chat
  • Selanjutnya pilih back up/ cadangkan

Lalu kalau Anda telah mencadangkan data WhatsApp Anda, selanjutnya maka Anda dapat melakukan yang intinya yaitu cara untuk bisa membuka blokir kontak WhatsApp.

  1. Cara Membuka Blokir WhatsApp

Pada info kali ini akan dibahas cara yang dapat dilakukan untuk bisa membuka kontak WhatsApp yang sudah terblokir.

  1. Ada hal pertama yang perlu dilakukan yaitu adalah catatlah nomor target Anda yang sudah terblokir. Selanjutnya hapus kontak target Anda tersebut pada daftar kontak WhatsApp Anda.
  2. Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp-nya lalu dipilih bagian Setelan/ Settings dan pilih lagi ‘tiga titik’ di kanan atas, dan pilih Akun/ Account.
  3. Selanjutnya pilih opsi ‘Hapus Akun Saya’/ ‘Delete My Account’. Lalu kemudian nantinya akan muncul notif atau pemberitahuan yang meminta konfirmasi yakin menghapus akun WA-nya.
  4. Lalu pilih Negara Anda tinggal, dan kemudian input kode negara dan dilanjutkan dengan info nomor telepon tertentu yang Anda telah daftarkan pada saat membuat akun WhatsApp.
  5. Selanjutnya Anda bisa memilih ‘Hapus Akun Saya’.
  6. Lalu bila perlu maka masukkan feedback/ umpan balik seputar alasan Anda menghapus akun WA tersebut. Bisa juga Anda melewati/ skip feedback ini jika memang tak perlu Anda lakukan.
  7. Lalu bisa dilanjutkan dengan memilih opsi ‘Hapus Akun Saya’ serta tinggal tunggu saja beberapa saat hingga akun Anda bisa benar-benar terhapus.
  8. Selanjutnya Uninstall WhatsApp pada ponsel Anda.
  9. Lalu setelah itu Anda bisa silahkan install WhatsApp kembali dengan menggunakan nomor yang sudah sebelumnya Anda pakai.
  10. Input atau masukkan nomor target Anda yang memblokir akun WA Anda sebelumnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencoba mengatas masalah blokir kontak WhatsApp. Dengan cara seperti yang sudah dibahas di atas, memang Anda akan membuat akun WA baru tetapi tetap memakai nomor SIM yang sebelumnya Anda gunakan. Sehingga teman yang memiliki kontak WA Anda tetap dapat menghubungi kembali. Sedangkan masalah teman atau target yang memblokir Anda bisa teratasi nantinya. Data seputar akun Anda yang sebelumnya akan terhapus, lalu begitu juga info data kontak terblokir ikut juga terhapus. Tentunya tidak terlalu susah cara di atas mengingat tampilan WhatsApp itu sendiri cukup ramah dan mudah dipahami.

Pada saat kita membuat akun WhatsApp yang baru seperti di atas, maka data WhatsApp yang dibuat juga tentu merupakan data WhatsApp yang baru. Jadi kita bisa kembali untuk menghubungi teman atau target kontak WhatsApp yang sebelumnya sudah memblokir Anda. Trik WhatsApp lainnya tentu masih ada banyak lagi yang bisa kita terapkan. Akan lebih baik kita memanfaatkan trik WhatsApp di atas untuk keperluan yang positif. Sekian saja informasi trik seputar WhatsApp kali ini untuk mengatasi pemblokiran akun WhatsApp. Semoga dengan cara yang sudah dibahas di atas dapat membantu bagi yang sedang bermasalah dengan kontak WhatsApp yang terblokir. Mengingat WhatsApp merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat, maka kita lebih baik pahami triknya seperti yang seperti di atas.