Seperti yang kita ketahui, koneksi internet di Indonesia memang terkenal lambat. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, koneksi internet di Indonesia masih kalah jauh. Apalagi jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti United States, Korea Selatan, atau United Kingdom, tentu kalah sangat jauh. Meskipun demikian, koneksi internet kisaran 1 Mbps hingga 10 Mbps di Indonesia sendiri masih terbilang sangat cukup untuk berselancar di dunia maya.

Namun, tidak jarang ditemukan keluhan tentang koneksi internet yang kadang terganggu atau bahkan lemotnya sampai membuka website saja tidak bisa. Contohnya saja seperti keluhan para pengguna Indosat Ooredoo, provider yang terkenal di kalangan anak muda ini juga sering dikabarkan koneksi internetnya buruk. Hal ini tentu sangat mengganggu terutama ketika koneksi dibutuhkan untuk hal-hal penting seperti masalah pekerjaan dan sekolah. Nah, untuk itu disini kami akan menyediakan solusi untuk internet yang terkadang lemot. Penasaran bagaimana cara mengatasi internet yang lemot? Yuk simak ulasan berikut ini.

Penyebab Koneksi Internet Indosat Ooredoo Lemot?

Sebelum beranjak pada tutorial untuk mengatasi internet lemot, alangkah baiknya jika Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebab koneksi internet menjadi lemot. Jika koneksi tiba-tiba lemot padahal sinyalnya kuat, tentu ada penyebab dibalik penurunan kecepatan koneksi internetnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin saja menjadi alasan kenapa koneksi internet Anda lemot.

  1. Perbaikan Kabel Jaringan
    Provider jaringan seluler memang sudah semestinya melakukan maintenance terhadap jaringan untuk memelihara agar jaringan tidak terganggu suatu apapun. Perbaikan jaringan biasanya dilakukan secara rutin dan saat perbaikan biasanya jaringan akan terganggu. Jika koneksi internet Anda tiba-tiba mengalami penurunan drastis kecepatannya, mungkin saja provider jaringan Anda sedang melakukan maintenance di daerah Anda.
  2. Sinyal
    Faktor kuat penyebab koneksi internet yang lemot adalah sinyal yang tidak begitu kuat. Jika sinyal koneksi internet yang Anda dapatkan hanya satu garis atau dua garis saja, maka sudah bisa dipastikan koneksi Anda lambat.
  3. Cuaca
    Cuaca juga menjadi penentu baik atau buruknya jaringan maupun koneksi internet Anda. Cuaca yang buruk akan berpengaruh pada jaringan internet yang buruk pula.
  4. Lain-lain

Terkadang ada penyebab yang belum secara pasti diketahui asal-usulnya. Bisa saja cuaca cerah dan sinyal bagus tapi koneksi masih lemot. Untuk sebab ini, Anda bisa mencoba mengecek kecepatan koneksinya dengan berbagai cara. Memang masih ada banyak sebab mengapa koneksi internet Anda lemot, tapi tenang saja karena disini akan diulas tutorial mempercepat koneksi internet.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat Ooredoo yang Lemot Terbaru

Bagi para pengguna provider Indosat Ooredoo yang koneksinya lemot dan penyebabnya masih belum diketahui, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang akan diulas berikut ini. Coba cara yang akan dijelaskan berikut satu-persatu dan bandingkan kecepatan koneksi internetnya sesudah dan sebelum mengaplikasikan cara-cara yang akan dibahas di bawah ini.

  1. APN Indosat Ooredoo Tercepat

Untuk membuat kecepatan internet Anda tidak lemot, maka solusi yang pertama adalah mengganti settingan APN Indosat Ooredoo Anda. Settingan APN memang sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi internet, karenanya settingan APN dengan konfigurasi yang tepat bisa menjadi obat untuk koneksi internet Anda yang lemot. Cobalah cara berikut ini dan ganti settingan APN Indosat Ooredoo Anda dengan settingan APN Indosat tercepat.

  • Masuk ke setting ponsel Anda
  • Pilih Kartu SIM dan Koneksi Seluler
  • Jika ada 2 simcard, pilih simcard Indosat
  • Pilih Nama Titik Akses (Access Point Names)
  • Buatlah pengaturan APN baru dengan mengetuk tanda “+” yang biasanya Anda di pojok kanan atas
  • Masukkan konfigurasi APN baru dengan pengisian seperti berikut ini:

-Nama: Indosat Super 4G

-APN: indosatm2/indosatooredoo.com (pilih salah satu diantaranya ya)

-Username: indosat

-Password: indosatgprs

-Server: 202.155.0.25

  • Terakhir jangan lupa simpan pengaturan APN baru ini dengan mengetuk “simpan/save”
  1. Sinyal

Sinyal yang buruk tentu akan sangat berpengaruh pada koneksi internet Anda. Jika masalah yang Anda alami adalah tentang sinyal yang kurang kuat, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi penguat sinyal. Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi jaringan lemot jika masalahnya adalah sinyal.

  • Dengan Aplikasi Penguat Sinyal

Ada beberapa Aplikasi penguat sinyal yang dipercaya dapat membuat ponsel dapat menangkap sinyal dengan lebih tajam sehingga sinyal menjadi lebih kuat. Adapun beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

-HSPA+ Tweaker

-PINGER – Anti Lag for All Mobile Game Online

-Connection Stabilizer Booster

  • Dengan Alat Penembak Sinyal

Selain dengan menggunakan aplikasi, ada alat yang dapat membantu ponsel menangkap sinyal dengan lebih kuat, yaitu dengan alat penembak sinyal. Alat ini dipercaya sangat bermanfaat untuk dapat memperkuat sinyal di daerah yang kurang jangkauan sinyal. Cara untuk membuatnya pun cukup mudah dan terjangkau. Biasanya, untuk membuat alat penembak sinyal ini dibutuhkan kaleng atau antenna.

  • Dengan Berpindah ke Lokasi Lain

Biasanya, ketika sinyal Anda buruk, Anda berada di tempat yang memang jauh dari jangkauan tower provider. Biasanya juga, ada beberapa daerah yang memang jangkauan sinyalnya kurang tercapai seperti di pegunungan, di daerah pedalaman atau di tengah lautan. Jika Anda memang berada pada daerah-daerah tersebut, maka solusi terbaiknya adalah berpindah lokasi ke tempat yang kuat sinyalnya. Hindari ruangan yang tertutup karena biasanya ruangan tertutup cukup susah untuk mendapatkan sinyal.

  • Dengan Menghubungi Call Center Indosat

Cara terakhir untuk dapat membuat koneksi internet Anda tidak lemot adalah dengan menghubungi Call Center Indosat. Anda dapat menghubungi Call Center Indosat kapan pun dan ajukan keluhan Anda. Customer Service akan menerima keluhan Anda dan nantinya akan dibuatkan report tentang keluhan Anda. Report tersebut nantinya akan diteruskan ke teknisi Indosat dan teknisi tersebut akan mencari tahu sebab dari masalah koneksi lemot di ponsel Anda. Adapun nomor Call Center Indosat Ooredoo adalah (021) 54388888.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi koneksi yang lemot. Semoga cara-cara yang dijelaskan diatas dapat dipahami dengan baik dan mengatasi masalah Anda ya. Coba satu persatu solusi di atas dan temukan cara yang dapat menjadi solusi terbaik Anda. Semoga bermanfaat ya!