Teman-teman ingin mengetahui cara menghubungkan kamera HP ke laptop? Memang terdapat banyak fitur yang ditawarkan oleh laptop dan PC yang sudah bisa ditemukan pada ponsel Anda. Salah satunya adalah fitur penyambungan kamera. Asyiknya, Anda bisa menyambungkan kamera HP ke laptop dengan mudah. Penasaran dengan caranya?

Ada banyak pekerjaan atau kelas perkuliahan yang menggunakan metode daring untuk menggantikan metode pembelajaran tatap muka. Maka, penggunaan kamera pada ponsel sangat penting untuk mendukung virtual meeting yang dilakukan lewa video conference. Karena adanya pandemi Covid-19, banyak sekali aktivitas tatap muka yang akhirnya dialihkan dengan menggunakan metode daring.

Menyambungkan Kamera HP Ke Laptop

Aplikasi video conference kini banyak ditemukan di Google Play Store. Ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan, seperti Zoom, Skype, Google Teams, Google Meet, serta banyak lagi aplikasi lainnya. Namun, dua aplikasi yang paling populer di kalangan masyarakat adalah Google Meet dan Zoom. Keduanya menjadi platform yang difavoritkan oleh banyak orang. Sayangnya, banyak pula laptop yang kualitas kameranya kurang memadai, sehingga pengalaman saat melakukan video conference pun menjadi kurang menyenangkan.

Ada cara mengatasi masalah ini, lho! Yaitu dengan menyambungkan kamera yang dimiliki ponsel Anda ke laptop. Kamera pada ponsel dengan sistem operasi Android atau IOS memiliki kualitas yang bagus dan canggih, bukan? Tentu saja hasil gambar yang didapatkan akan lebih memuaskan, sehingga video conference Anda akan lebih seru. Lalu, bagaimana cara Anda menyambungkan kamera ponsel ke laptop? Ini dia caranya:

Sambungkan Kamera HP Ke Laptop Dengan Aplikasi Droidcam

Aplikasi yang satu ini merupakan penyelamat bagi Anda yang ingin menyambungkan kamera ponsel ke laptop. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

Menggunakan Wi-Fi

  • Langkah pertama, Anda download aplikasi DroidCam di ponsel. Anda bisa mencari aplikasi ini dengan mudah di Google Play Store.

  • Selain pada ponsel, Anda juga perlu menginstall aplikasi DroidCam Client pada laptop Anda. Anda bisa mengunjungi website resminya Dev47apps.com.

  • Jika aplikasinya sudah terinstal di ponsel dan laptop, kini saatnya Anda menghubungkan kedua aplikasi tersebut lewat jaringan Wi-Fi yang sama.
  • Hubungkan juga IP address yang dimiliki. Pastikan ponsel Anda sudah terhubung ke laptop menggunakan kabel USB.
  • Tes kamera ponsel sebagai kamera laptop. Nikmati kualitas gambar yang jernih dan menyenangkan.

Menyambungkan Kamera Ponsel Ke Laptop Melalui USB Debugging

Selain menggunakan Wi-Fi, DroidCam juga bisa digunakan USB. Tapi, pastikan Anda sudah mengaktifkan mode USB Debugging pada ponsel yang dimiliki.

Ini dia caranya:

  • Langkah pertama, Anda bisa aktifkan terlebih dahulu USB Debugging pada ponsel. Biasanya, menu ini terletak di About Phone pada Setting.

  • Anda bisa membuka aplikasi DroidCam di ponsel Anda.
  • Hubungkan ponsel Anda ke laptop menggunakan USB.
  • Laptop akan menginstall driver yang diperlukan untuk ini.
  • Buka aplikasi DroidCam yang sudah diinstall di laptop.
  • Pilih ikon bergambar USB, kemudian klik Start.
  • Berhasil, kamera ponsel sudah bisa digunakan di laptop Anda.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyambungkan kamera ponsel ke laptop. Anda bisa memperoleh kualitas gambar yang bening saat melakukan video conference, lho! Tidak ada lagi pengalaman video conference yang buram dan tidak nyaman. Selamat mencoba.